Sabtu, 23 Februari 2019

Sertifikasi Manajemen Proyek : Panduan Lengkap Untuk Mendapatkan Kualifikasi

Salah satu pertanyaan yang sering kami tanyakan di Digital Project Manager adalah “Apakah sertifikasi manajemen proyek benar-benar membantu karier saya?” Mungkin kontroversial untuk komunitas DPM, saya akan mengatakan, ya! Mungkin itu karena kami baru saja meluncurkan kursus pelatihan manajemen proyek online kami sendiri , tetapi periksa artikel di bawah ini untuk mendapatkan lowdown pada semua pilihan Anda.

Ingin tahu kenapa? Tertarik dengan opsi sertifikasi manajemen proyek yang berbeda? Kami telah menyusun panduan praktis ini untuk membantu Anda memutuskan sertifikasi mana yang paling cocok untuk Anda, lengkap dengan biaya masing-masing, serta prasyarat atau persyaratan apa pun untuk mendapatkan sertifikasi. Terus membaca untuk mendapatkan sertifikasi lowdown dalam manajemen proyek :

Mengapa Sertifikasi Manajemen Proyek Penting

Seperti sertifikasi atau pembelajaran apa pun, sertifikasi manajemen proyek tidak berarti Anda PM yang baik. Terlebih lagi, apa yang Anda pelajari untuk mendapatkan sertifikasi mungkin tidak secara langsung berlaku untuk pekerjaan sehari-hari . Dan dalam beberapa kasus, itu mungkin sebenarnya tidak membantu - memberikan kepercayaan palsu tentang cara melakukan sesuatu. Itu biasanya mengapa banyak manajer proyek digital tidak memiliki banyak cinta untuk sertifikasi. Ada beberapa kebenaran di dalamnya; jika Anda diajari bahwa Anda harus memproyeksikan mengelola dengan cara tertentu, dan dengan cara itu sama sekali tidak menyerupai cara proyek dijalankan dalam suatu agensi, maka bukankah itu hanya buang-buang waktu saja?

Manajemen Proyek

Jadi apa gunanya? Anda pasti akan belajar banyak hal yang dapat Anda lamar untuk pekerjaan Anda, dan itu tidak terlihat buruk pada resume Anda juga — paling tidak itu menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam pengembangan profesional Anda.

Tentu saja, jika Anda pernah berpikir untuk mengejar peran manajemen proyek di perusahaan dewasa (yaitu, bukan agen) mereka cenderung mengambil sertifikasi manajemen proyek dengan cukup serius. Penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan TI semakin membutuhkan sertifikasi manajemen proyek, dan semakin banyak CIO percaya akan pentingnya sertifikasi tersebut.

Manfaat lain dari memiliki sertifikasi PM adalah gaji yang lebih tinggi. Laporan Pertumbuhan Pekerjaan dan Talent Gap Manajemen Proyek  PMI menemukan bahwa manajer proyek dengan sertifikasi PMP memiliki gaji rata-rata 23% lebih tinggi daripada rekan-rekan mereka yang tidak bersertifikat.

Jadi mengapa orang peduli dengan sertifikasi manajemen proyek? Ya, itu hanya sedikit kertas tetapi tanpa kemampuan untuk berbagi dokumentasi yang kami hasilkan (non-disclosure dan semua itu), itu adalah hal terdekat yang kami miliki dengan bukti bahwa kami tahu bagaimana merencanakan, menjadwalkan, menganggarkan, melaksanakan, mengirimkan dan melaporkan proyek. Bahkan jika sertifikasi tidak serta-merta menjadikan seseorang manajer proyek yang lebih baik, tidak dapat disangkal fakta bahwa waktu yang diinvestasikan untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan manajemen proyek lebih baik daripada tidak sama sekali.

Apa Saja Jenis Sertifikasi Manajemen Proyek?

Kami akan menutup semua detail yang perlu Anda ketahui untuk beberapa sertifikasi manajemen proyek terbaik yang tersedia saat ini :
  • Profesional Manajemen Proyek (PMP).
Sertifikasi Profesional Manajemen Proyek ( PMP ) bisa dibilang adalah sertifikasi internasional yang paling dihormati dalam manajemen proyek, dengan lebih dari 750.000 manajer proyek PMP saat ini disertifikasi.

PMP adalah tes yang mencakup segala dari Institut Manajemen Proyek (PMI) Manajemen Proyek Book Of Knowledge (PMBOK) dan kemampuan dalam pengelolaan tiga kendala proyek; waktu, biaya, dan ruang lingkup. Sertifikasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan komprehensif tentang cara menangani proses proyek secara memadai mulai dari perencanaan , penjadwalan, pengendalian, dan pemantauan hingga penutupan proyek.

Dari semua sertifikasi manajemen proyek yang kami lihat, Ini tentu sertifikasi tersulit untuk didapatkan - pengalaman prasyarat terpuji (tapi luas), proses aplikasi sulit, dan pelatihan dan ujian juga bukan cakewalk. Cara mendapatkan sertifikasi profesional manajemen proyek dengan Persyaratan :
  1. Gelar empat tahun dan tiga tahun pengalaman manajemen proyek, 4.500 jam memimpin atau mengarahkan proyek dan 35 jam kelas manajemen proyek ATAU sertifikat Sekolah Menengah dengan lima tahun pengalaman manajemen proyek, 7.500 jam memimpin atau mengarahkan proyek
  2. 35 jam pendidikan manajemen proyek
  3. Lulus ujian PMP - ujian sertifikasi memiliki 200 pertanyaan pilihan ganda, dan Anda memiliki empat jam untuk menyelesaikannya.
  4. Untuk mempertahankan PMP Anda, Anda harus mendapatkan 60 unit pengembangan profesional (PDU) setiap tiga tahun.
  • Rekanan Bersertifikat dalam Manajemen Proyek (CAPM)
Jika Anda belum menjadi manajer proyek cukup lama untuk melamar PMP Anda, ada baiknya mempertimbangkan sertifikasi manajemen proyek batu loncatan PMI - CAPM ( Associate Bersertifikat dalam Manajemen Proyek ). CAPM adalah sertifikasi entry-level PMI - kurang dari satu tahun pengalaman, atau hanya 23 jam pelatihan diperlukan - dimaksudkan untuk menunjukkan pemahaman kandidat tentang pengetahuan dasar, terminologi dan proses manajemen proyek yang efektif. Cara mendapatkan sertifikasi manajemen proyek CAPM, Persyaratan :
  1. Sertifikat sekolah tinggi, gelar associate atau yang setara, 1.500 jam pengalaman manajemen proyek.
  2. 23 jam kelas manajemen proyek.
  3. Lulus ujian CAPM - ujian sertifikasi memiliki 150 pertanyaan pilihan ganda, dan Anda memiliki tiga jam untuk menyelesaikannya.
  4. Untuk mempertahankan CAPM Anda, Anda harus mengikuti ujian lagi setiap lima tahun.
  • Proyek CompTIA + Sertifikasi Manajemen Proyek
The CompTIA Project + sertifikasi adalah sertifikasi entry level ditetapkan pada hampir tingkat yang sama seperti sertifikasi CAPM, meskipun bisa dibilang, itu tidak sulit, dengan ujian yang lebih pendek! Berbeda dengan sertifikasi CAPM, yang harus diperbarui secara berkala, keunggulan sertifikasi Proyek + CompTIA adalah bahwa sertifikasi itu dianggap baik seumur hidup dan tidak perlu diperbarui. Cara mendapatkan sertifikasi CompTIA Project + manajemen proyek, Persyaratan :
  1. Disarankan satu tahun pengalaman manajemen proyek.
  2. Lulus ujian CompTIA Project + - ujian sertifikasi memiliki 95 pertanyaan pilihan ganda, dan Anda memiliki 90 menit untuk menyelesaikannya.
  • PRINCE2 Foundation & PRINCE2 Praktisi Sertifikasi Manajemen Proyek
Proyek di Lingkungan Terkendali (PRINCE2) adalah metode manajemen proyek yang berasal dari Inggris yang memandu Anda melalui hal-hal penting untuk mengelola proyek yang berhasil. PRINCE2 dapat dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda dan mereka bahkan menawarkan varian lincah dengan PRINCE2 Agile. Kursus ini berfokus pada arah proyek, manajemen dan pengiriman melintasi fase pra-proyek, inisiasi, pengiriman, dan pengiriman akhir proyek. Sertifikasi PRINCE2 Foundation adalah versi entry-level yang menguji pengetahuan dasar lapangan, sementara Praktisi PRINCE2 menguji pengetahuan lebih lanjut dari para manajer yang sudah memiliki sertifikasi yayasan. Biasanya Anda dapat mengikuti kursus yang mencakup yayasan dan praktisi dalam seminggu. Hal hebat tentang PRINCE2 adalah bahwa tidak seperti PMP, ia tidak memiliki prasyarat untuk pengalaman secara teoritis, Anda dapat mengambil kursus dan mendapatkan kualifikasi dalam seminggu. Cara mendapatkan sertifikasi manajemen proyek PRINCE2, Persyaratan :
  1. Yayasan PRINCE2 membutuhkan kursus dasar (biasanya berlangsung dua hari)
  2. Praktisi PRINCE2 membutuhkan Yayasan PRINCE2, PMP, CAPM atau sertifikasi IPMA (biasanya berlangsung selama tiga hari).
  3. Lulus ujian PRINCE2 - Yayasan PRINCE2 memakan waktu satu jam, ujian pilihan ganda, dengan 60 pertanyaan dan 55% harus lulus. Praktisi PRINCE2 lebih sulit, dengan ujian 2,5 jam dengan 80 pertanyaan, membutuhkan 55% untuk lulus,
  4. Sertifikat PRINCE2 Praktisi berlaku selama tiga tahun, pada akhirnya Anda dapat duduk kembali ujian Praktisi atau Anda dapat mempertahankan sertifikat melalui keanggotaan.
  • Associate dalam Manajemen Proyek (APM) Sertifikasi Manajemen Proyek
The Association Global untuk Manajemen Mutu (GAQM) - yang merupakan administrator dari Asosiasi Manajemen Proyek sertifikasi - memiliki program lain yang (termasuk APM) semua terfokus pada menekankan alokasi sumber daya yang efektif dan komunikasi, kemampuan beradaptasi, dan jaminan-risiko rendah kiriman. APM adalah sertifikasi tingkat pemula bagi mereka yang ingin memulai karir di manajemen proyek. Jika Anda mencari kualifikasi manajemen proyek online, dan sesuatu yang mudah, tetapi itu akan terlihat bagus di CV Anda, pilih ini. Cara mendapatkan sertifikasi Associate in Project Management (APM) manajemen proyek, Persyaratan :
  1. Tidak ada pendidikan formal atau persyaratan pengalaman.
  2. Pelajari badan GAQM pengetahuan dan lulus kursus-e.
  • Certified Project Director (CPD) Sertifikasi Manajemen Proyek
The Project Director Bersertifikat saja adalah sertifikasi tingkat tertinggi yang ditawarkan oleh Asosiasi Global untuk Manajemen Mutu (GAQM) . Ini dimaksudkan untuk manajer proyek berpengalaman yang bekerja pada beberapa proyek atau kompleks. Isi kursus diatur untuk membantu eksekutif proyek memperoleh keterampilan yang diperlukan dalam mengelola proyek dan program yang kompleks dengan berfokus pada manajemen risiko, manajemen ruang lingkup, manajemen kualitas dan penganggaran. Ini adalah kualifikasi yang bagus untuk manajer proyek yang lebih maju yang mengelola tim proyek yang lebih besar dan portofolio proyek. Cara mendapatkan sertifikasi Project Director (CPD) manajemen proyek, Persyaratan :
  1. Pelajari badan GAQM pengetahuan dan ikuti kursus elektronik.
  2. Gelar sarjana, atau Pascasarjana / S2 atau lebih tinggi, atau sederajat secara global.
  3. Akrab dengan prinsip, teknik dan pendekatan manajemen proyek dan harus lulus dari Profesional dalam sertifikasi Manajemen Proyek atau ujian yang setara (PMP, PRINCE2 Praktisi, atau CPM)
  4. Certified Project Director (CPD) ™ Certificate adalah selama lima tahun, kandidat harus mengulang ujian atau dapat menyelesaikan E-Course untuk CPD untuk menambah jumlah unit pendidikan berkelanjutan (CEU) untuk memperbarui Sertifikat.

Opsi Sertifikasi Manajemen Proyek Agile

Jika preferensi Anda adalah untuk sertifikasi manajemen proyek Agile - lihat beberapa sertifikasi yang tersedia:
  • ScrumMaster Bersertifikat (CSM)
ScrumMaster Bersertifikat telah menjadi sertifikasi manajemen proyek tangkas de facto - walaupun menariknya, metodologi ini tidak benar-benar memasukkan peran sebagai manajer proyek! The  CSM tentu saja dari The Scrum Alliance adalah sertifikasi yang membantu manajer proyek dan profesional TI mendapatkan kemampuan untuk mengelola proyek-proyek di lingkungan menggunakan metodologi tangkas. Certified ScrumMaster hampir secara kriminal mudah didapat, tetapi jika tidak ada yang lain, merupakan pengantar yang bagus untuk gesit. Cara mendapatkan sertifikasi manajemen proyek Certified ScrumMaster (CSM), Persyaratan :
  1. Hadiri kursus pelatihan dua hari.
  2. Lulus ujian online 1 jam, dengan 35 pertanyaan pilihan ganda, 68% harus lulus. Bahkan jika Anda gagal, Anda dapat mengulang teks dua kali ekstra secara gratis.
  3. Agar sertifikasi Anda tetap mutakhir, Anda hanya perlu membayar $ 100 setiap dua tahun
  • Profesional Scrum Master I, II & III
Jika Anda mencari pelatihan yang gesit dengan substansi yang lebih banyak, Anda harus mempertimbangkan kualifikasi Master Scrum Profesional dari Scrum.org , yang dibuat oleh Ken Schwaber, salah satu pendiri Agile Alliance . Master Scrum Profesional mencoba untuk membedakan dirinya dari ScrumMaster Bersertifikat sebagai yang lebih kuat dan tentu saja lebih menantang dengan tiga tingkat progres PSM I, II dan III . Ini jauh lebih ketat daripada kursus CSM, membutuhkan siswa menunjukkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang konsep dan ujian yang lebih rumit yang pada tingkat yang lebih tinggi mencakup pertanyaan esai. Cara mendapatkan sertifikasi manajemen proyek Professional Scrum Master (PSM), Persyaratan :
  1. Penilaian PSM I, II & III dan sertifikasi yang sesuai tidak memerlukan kehadiran di kelas Scrum.org - Anda dapat langsung melanjutkan dan menantang ujian - mereka menawarkan kursus opsional untuk membantu Anda mempersiapkan dan panduan Scrum yang dapat diunduh gratis .
  2. Lulus ujian online 1 jam dengan 80 pertanyaan - 85% harus lulus.
  3. Tidak seperti Master Scrum Bersertifikat, Anda dapat mempertahankan kualifikasi seumur hidup.
Sebagai manajer proyek, memperoleh salah satu dari sertifikasi teratas yang disorot memberi Anda kemampuan untuk memajukan karier Anda; paling tidak, itu memberi Anda keuntungan dibandingkan mereka yang tidak memiliki sertifikasi. Menurut pendapat kami, keuntungan membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang bagus atau mendapatkan peningkatan karir berkualitas di pekerjaan Anda saat ini, serta perbedaan dari profesional yang tidak bersertifikat di bidangnya sangat sepadan dengan upaya mendapatkan sertifikasi. Cukup pastikan bahwa Anda memilih salah satu yang paling sesuai dengan Anda dan selaras dengan tujuan, peran saat ini, kekuatan dan keterampilan Anda.

Sertifikasi Manajemen Proyek Online

Ada beberapa opsi yang tersedia dalam hal sertifikasi untuk mengejar. Ini termasuk Sekolah Manajer Proyek Digital kami sendiri, yang menawarkan kursus manajemen proyek digital online yang menyediakan pelatihan manajemen proyek untuk mereka yang memimpin tim dan memberikan proyek di dunia digital. Diajarkan oleh manajer proyek ahli, kursus menyesuaikan pendekatan gesit untuk proyek digital, melengkapi peserta untuk menangani persyaratan yang berkembang, mengelola komunikasi dan menilai kemajuan.

Dengan jadwal fleksibel sepanjang tahun, kursus online sertifikasi Manajemen Proyek kami dirancang untuk beragam orang yang ditugaskan untuk tanggung jawab manajemen proyek - mulai dari pemula hingga manajer proyek profesional. Ini mencakup segala hal mulai dari bagaimana merencanakan, menjalankan, dan mengendalikan proyek digital dengan sukses, hingga bagaimana menghindari jebakan yang mahal, dan menetapkan kriteria keberhasilan yang berdampak positif pada keuntungan. Biaya Sertifikat Sekolah Manajemen Proyek Digital mulai dari $ 950 (kami juga menawarkan opsi tanpa sertifikat dan penugasan sebesar $ 750). Cara mendapatkan sertifikasi Mastering Digital Project Management, Persyaratan :
  • Hadiri kursus online, lebih dari 7 minggu.
  • Berhasil mengirimkan tugas mingguan.
  • Tidak ada ujian.
Jelas, segala bentuk sertifikasi manajemen proyek selalu merupakan ide bagus dan akan menguntungkan karier Anda. Tetapi pertama-tama pertimbangkan biaya, upaya, dan waktu yang diperlukan untuk mengambil kursus sertifikasi manajemen proyek, penting bahwa itu sebenarnya relevan bagi Anda, saat ini. Misalnya, jika Anda hanya ingin belajar lebih banyak tentang mengelola proyek di agensi Anda, pertimbangkan bentuk pembelajaran lainnya - membaca posting blog, pergi ke Rapat Manajemen Proyek, menghadiri konferensi, atau sekadar mengajak kolega manajemen proyek Anda untuk minum kopi.

Semua sertifikasi manajemen proyek, dari PRINCE2 hingga PMP, dirancang untuk memberi Anda landasan yang kuat dalam strategi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk keberhasilan manajemen proyek. Perbedaan antara kursus lebih banyak berkaitan dengan metodologi daripada keterampilan dasar, jadi apa pun yang Anda pilih tidak mungkin Anda akan membatasi pilihan pekerjaan Anda di masa depan, selama Anda tetap dengan nama-nama yang lebih besar dan sertifikasi yang paling dikenal saat kami sudah diuraikan di atas.

Program Sertifikat Manajemen Proyek Lainnya

Ada begitu banyak sertifikat PM di luar sana — jika sertifikat di atas tidak cocok, berikut beberapa yang perlu dipertimbangkan:

Asosiasi Internasional Manajer Proyek (IAPM):  IAPM menawarkan sertifikat untuk judul Manajer Proyek Junior, Manajer Proyek, Manajer Proyek Senior, Manajer Proyek Agile Junior, Manajer Proyek Agile, Manajer Proyek Agile Senior, Manajer Proyek Manajemen Proyek, Pelatih Manajemen Proyek, dan Manajer Proyek Internasional.

Asosiasi Global untuk Manajemen Kualitas (GAQM):  GAQM menawarkan berbagai sertifikasi manajemen, termasuk Manajer Proses Bisnis, Master Scrum Bersertifikat, Pemilik Produk Scrum, Associate dalam Manajemen Proyek, Profesional dalam Manajemen Proyek, Direktur Proyek Bersertifikat, dan beberapa lainnya.

Apa Sertifikasi Manajemen Proyek Terbaik?

Semua opsi untuk sertifikasi bisa sedikit membingungkan, jadi bagaimana Anda bisa tahu apa sertifikasi manajemen proyek terbaik untuk Anda? Sertifikasi manajemen proyek terbaik untuk Anda akan tergantung pada :
  • Mengapa Anda menginginkan sertifikasi manajemen proyek
Apakah Anda memerlukan sertifikat sehingga Anda dapat membuktikan bahwa Anda telah mendapatkan pelatihan (pilih CAPM) atau apakah Anda benar-benar perlu belajar di luar teori, beberapa aplikasi praktis tentang bagaimana melakukan pekerjaan Anda sebagai manajer proyek (pilih PRINCE2 Praktisi , PMP atau Menguasai Manajemen Proyek Digital ).
  • Di mana Anda berada dalam karir Anda
Sertifikasi manajemen proyek yang berbeda telah dirancang untuk manajer proyek pada berbagai tahap karir mereka. Sebagai panduan kasar :
  1. 0 - 1 Tahun pengalaman manajemen proyek
    Pertimbangkan Rekanan Tersertifikasi dalam Manajemen Proyek (CAPM), Proyek + CompTIA, Yayasan PRINCE2 dan Menguasai Manajemen Proyek Digital .
  2. 1 - 2 Tahun pengalaman manajemen proyek.
    Pertimbangkan Rekanan Tersertifikasi dalam Manajemen Proyek (CAPM), Praktisi PRINCE2, Master Scrum Profesional I dan Menguasai Manajemen Proyek Digital .
  3. 2 - 4 Tahun pengalaman manajemen proyek
    Pertimbangkan Profesional Manajemen Proyek (PMP), Praktisi PRINCE2, Direktur Proyek Bersertifikat (CPD), Profesional Scrum Master III dan Menguasai Manajemen Proyek Digital .
  • Berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk berinvestasi
Banyak sertifikasi manajemen proyek dapat diperoleh hanya dengan mengikuti kursus 2 hari atau seminggu. Yang lainnya, seperti PMP atau Mastering Digital Project Management , bisa sangat intensif waktu tetapi bisa dibilang lebih berguna karena mereka mencakup lebih banyak konten. Alternatif yang lebih cepat jika Anda kekurangan waktu adalah PRINCE2, CAPM.
  • Berapa banyak yang bisa Anda belanjakan
Mengambil kursus manajemen proyek yang murah mungkin ekonomi yang salah, jadi waspadalah untuk kursus manajemen proyek online yang menawarkan Anda sertifikasi hanya dengan mengirimkan tautan profil LinkedIn Anda atau melanjutkan dan $ 300. Mereka benar-benar membuang waktu dan uang Anda!

Jelas, semakin banyak sertifikasi manajemen proyek junior lebih murah, daripada yang paling mahal seperti PMP, tetapi biasanya, Anda harus menghabiskan setidaknya $ 1000 untuk pelatihan manajemen proyek dan ujian untuk sebagian besar sertifikasi manajemen proyek.

Ingat juga - ada baiknya mempertimbangkan sertifikasi manajemen proyek yang tidak kedaluwarsa atau Anda tidak perlu membayar untuk memperbarui setiap beberapa tahun seperti CompTIA Project +, Professional Scrum Master dan Mastering Digital Project Management .
  • Jenis peran yang Anda cari untuk maju
Akhirnya, pertimbangkan karier masa depan Anda - jika Anda berada di agensi dan tidak mempertimbangkan untuk menjadi klien, atau bekerja dengan klien perusahaan besar, saya mungkin tidak akan merekomendasikan PMP. Sesuatu yang lebih umum seperti PRINCE2 Praktisi atau Direktur Proyek Bersertifikat mungkin akan lebih membantu. Demikian pula, jika Anda mencoba untuk memasuki lebih banyak pengembangan perangkat lunak atau peran pengembangan produk, pertimbangkan kualifikasi Master Scrum Profesional yang gesit.

Perbandingan Sertifikasi Manajemen Proyek

Tabel di bawah ini memberikan perbandingan yang mudah dari berbagai opsi sertifikasi manajemen proyek yang melihat durasi, harga, dan kesulitan memperoleh sertifikasi.
Perbandingan Sertifikasi Manajemen Proyek

Disqus Comments