Sabtu, 23 Februari 2019

Jangan Jatuh Cinta dengan Desain Anda

Tahun lalu, saya memutuskan untuk mengambil cuti satu tahun dari sekolah untuk membangun produk saya sendiri dan mencoba permainan startup. Produk itu bernama WhoWanna dan konsepnya sederhana. Bagaimana cara menemukan teman dengan mudah ketika kamu ingin melakukan aktivitas kehidupan nyata seperti minum-minum atau menonton film?

Seperti yang dapat Anda semua tebak, sebagai desainer berusia 20 tahun yang bahkan belum lulus, saya sama sekali tidak tahu tentang pengembangan bisnis, manajemen, peretasan pertumbuhan, dan semua hal kecil yang membuat startup sukses saat ini. Pada akhirnya, saya gagal.

Sebenarnya, startup gagal, tapi saya jelas bukan kegagalan. Itu mengilhami saya untuk menulis hari ini: Anda bukan yang Anda desain.

Saya belajar banyak selama setengah tahun ini, bekerja dengan tim, mencoba meyakinkan investor, membangun proyek dari A hingga Z, sehingga saya bahkan merasa cukup percaya diri untuk menulis dan mengajarkannya hari ini. Yang merupakan masalah besar bagi saya karena saya tidak ingin merasa seperti seorang penipu yang memberi pelajaran tentang sesuatu yang tidak dia ketahui.

Jadi, pengalaman startup ini, bahkan jika saya bukan miliarder hari ini (saya bahkan tidak berhasil meninggalkan kampung halaman saya di Perancis ke Silicon Valley) mengajari saya beberapa pelajaran hebat tentang desain yang ingin saya bagikan kepada Anda.

Utamakan Pengguna Lebih Dahulu

Ketika Anda memulai perusahaan wannabe pada tahun 2015, itu berasal dari masalah yang ingin Anda selesaikan. Bukan ide ajaib yang Anda miliki dalam mimpi . Anda mengidentifikasi masalah, biasanya, yang Anda miliki, dan Anda mencoba menyelesaikannya. Anda pertama-tama mencoba menyelesaikannya untuk Anda, dan kemudian lihat apakah orang lain juga memiliki hal yang sama. Jika ya, maka Anda memiliki awal dari perusahaan Anda. Jadi pada dasarnya, meskipun biasanya dimulai dari satu masalah / pengalaman pribadi yang Anda coba selesaikan, sangat cepat, itu mulai menjadi semua tentang yang lain. Di sinilah menjadi sulit.

aplikasi desain pertama
Aplikasi ini terlihat seperti ini dalam versi pertamanya (sangat trendi 2013)

Salah satu kualitas terpenting seorang desainer adalah empati. Anda perlu berpikir dan menjadi pengguna S Anda untuk merancang pengalaman hebat ( Tidak peduli apa pun proyek yang sedang Anda kerjakan ). Dan begitu Anda telah merancang prototipe pertama Anda , dan saya sangat bersikeras pada kata " PROTOTIPE " Karena tidak perlu menghabiskan waktu dan uang untuk produk yang Anda bahkan tidak yakin akan menarik minat seseorang ( saya belajar dengan cara yang sulit ). Jadi, begitu Anda memiliki prototipe, Anda mulai mengumpulkan umpan balik pengguna.

Umpan balik terbaik yang dapat Anda kumpulkan adalah yang negatif dan agresif Ketika Anda mulai bertanya kepada teman-teman Anda apa pendapat mereka tentang proyek Anda, mereka biasanya menjawab dengan satu kalimat positif kecil. Mereka tentu saja tidak ingin membuat Anda marah, dan mereka juga tidak sepenuhnya mengerti apa yang Anda lakukan.

Tapi siapa yang butuh " Itu bagus " atau " Pekerjaan keren "? Ini adalah umpan balik yang sama sekali tidak berguna , kecuali dari menyanjung ego besar Anda. Dan jika Anda merasa tersanjung ketika seseorang memberi Anda umpan balik semacam ini, well, Anda bodoh. Jika pengguna potensial tidak memiliki pendapat tentang pekerjaan Anda, maka Anda salah melakukannya.

Mungkin ini bukan pengguna yang tepat yang Anda targetkan? Itu adalah jawaban yang mudah. Yang sulit dan asli adalah "Produk Anda buruk". Tetapi itu tidak berarti bahwa "Anda buruk" atau "Perusahaan Anda buruk", itu hanya berarti bahwa Anda harus bekerja lebih banyak, melakukan beberapa perubahan, dan mencoba desain baru. Tidak masalah jika desain Anda buruk pada awalnya. Ini adalah inti dari prototipe dan startup. Iterasi dan perbaikan.

Jadi mengapa saya mengatakan semua itu, dan mengapa saya memanggil Anda "Bodoh"?

Saya sangat sering memiliki pelanggan yang meminta saya untuk merancang produk tertentu, yang akan menelan biaya banyak uang, tanpa mengetahui apa pun tentang pengguna dan pasar mereka. Mereka menginginkan sesuatu yang mengkilap, dengan banyak fitur, baik di Android, iOS, desktop tetapi tidak pernah bertanya kepada seseorang apakah itu masuk akal. Dan saya bertarung setiap hari dengan mereka sehingga mereka dapat memahami prinsip-prinsip yang sangat mendasar itu.

Saya mulai menjadi freelancer untuk menggambar antarmuka yang bagus, sekarang, saya entah bagaimana menghabiskan lebih banyak waktu untuk memberi saran kepada pelanggan saya tentang strategi startup mereka daripada menggunakan photoshop. Jika saya bisa melakukan itu, itu karena saya melakukan kesalahan itu.

Versi WhoWanna pertama yang saya rancang sangat bersih. Desain datar, ikon yang dipersonalisasi, navigasi hebat dan sangat grafis. Semua orang di sekitar saya mengatakan "WOW ini terlihat sangat pro dan indah" dan "Saya sangat ingin aplikasi ini, itu terlihat gila".

Ketika kami meluncurkan aplikasi, kami memiliki lebih dari seribu pengguna potensial di Facebook Fanpage kami. Bulan-bulan pertama, kami melakukan sekitar 250 unduhan dan mungkin 10 pengguna aktif (termasuk kami).

Kami mendapat sedikit pengguna baru setiap hari, tetapi tidak ada retensi sama sekali. Yang benar adalah bahwa tidak ada yang mengerti aplikasi sama sekali. Butuh waktu lebih dari 4 bulan untuk akhirnya setuju untuk secara radikal mengubah Antarmuka Pengguna ( 4 bulan sangat besar dalam kehidupan startup) . Reaksi saya selalu sama, “Desain saya bagus, mereka hanya tidak mengerti, mungkin kita perlu tutorial yang lebih baik”.

Saya sepenuhnya menyangkal pekerjaan buruk saya karena saya menganggapnya terlalu pribadi. Fakta bahwa saya melakukan kesalahan terlalu banyak untuk ego saya dan saya terlalu bangga untuk menerima kritik. Saya terlalu bangga dengan pekerjaan saya, itu indah. Dan itu sebenarnya adalah hasil dari semua orang yang mengatakan kepada saya “ Pekerjaan keren"Alih-alih" Saya tidak mengerti apa-apa tentang aplikasi Anda, mungkin itu keren di dunia desainer Anda, tetapi bagi saya pengguna biasa, itu tidak masuk akal sama sekali! ".

Setelah saya akhirnya memutuskan untuk mendesain ulang semua antarmuka dan konsep, seseorang datang dan memberi tahu kami “Wow, aplikasi Anda keren! Dengan versi baru ini, saya akhirnya mendapatkan seluruh poin dan ini HEBAT" Kami juga melihat bahwa retensi meningkat, masih ada beberapa jalan yang harus dilakukan, tetapi setidaknya, konsepnya dipahami.

aplikasi desain kedua
Versi baru terlihat seperti ini

Memulai dari awal lagi dan mengambil kertas kosong adalah pekerjaan yang sangat sulit bagi seorang desainer (atau pengusaha) untuk dilakukan. Selalu sulit untuk membuang apa yang telah Anda lakukan dan bekerja keras dan banggakan, tetapi jika hasilnya tidak ada di sini, maka, tidak hanya pekerjaan Anda yang tidak berguna, tetapi Anda juga akan kehilangan waktu seperti yang kami lakukan. Dan waktu sangat berharga .

Jadi, jangan ragu satu saat untuk merancang prototipe cepat dan kotor untuk mengumpulkan banyak umpan balik dari pengguna Anda. Dan cobalah menemukan pengkhianat terbaik, yang punya pikiran untuk dibagikan, ( tanyakan apakah Anda mau ) kalau tidak tidak ada gunanya.

TAPI , karena selalu ada tetapi , umpan balik tidak selalu arah yang benar untuk diambil Sejak "Lean startup" menjadi sesuatu, semua orang mulai membuat proyek yang berpusat pada pengguna (baik), mengumpulkan sudut pandang pengguna (baik), berputar setiap kali ada umpan balik yang buruk (sangat salah).

Ada kutipan terkenal dari Henry Ford yang mengatakan, " Jika saya bertanya kepada orang-orang apa yang mereka inginkan, mereka akan mengatakan kuda yang lebih cepat."

Inilah bagian yang sulit, pengguna jarang tahu lebih baik daripada Anda. Anda telah melakukan beberapa penelitian, Anda seharusnya menjadi ahli tentang topik produk Anda (atau setidaknya berpura-pura). Masukan sangat bagus untuk memvalidasi hipotesis Anda di awal dan kemudian untuk meningkatkan proyek serta meningkatkan antarmuka anda. Tetapi Anda harus berhati-hati dengan itu. Ketika Anda membangun produk Anda, Anda ingin mengubah dunia dan memecahkan masalah untuk Anda dan orang lain. Jadi, Anda harus mempertimbangkan visi dan pikiran pengguna.

Sekali lagi, tidak ada jawaban yang benar. Saya percaya bahwa teknik terbaik adalah mencoba banyak, dengan berbagai prototipe, sesegera mungkin dan untuk mendapatkan metrik darinya.

Data tidak berbohong. Mencoba banyak hal berbeda adalah satu-satunya cara untuk menemukan jawaban yang tepat untuk: "Arah apa yang harus diambil produk saya?".

Tidak masalah jika versi pertama bukan yang baik, tidak masalah jika Anda harus mencoba dan mencoba lagi, tidak masalah jika seseorang memberi tahu Anda "produk Anda adalah omong kosong".

Karena Anda tidak gagal jika produk atau startup Anda gagal. Karena Anda bukan desain Anda, Anda adalah desainernya. Lebih banyak artikel yang akan datang, jika Anda menikmati, silakan ikuti dan bagikan.

Disqus Comments