Sabtu, 23 Februari 2019

6 Cara melakukan Proyek Penelitian

Setahun yang lalu saya memiliki ide gila untuk bereksperimen dengan semester terakhir dari kursus dua tahun saya. Menjadi mahasiswa internasional di Australia, meraih dua gelar pascasarjana dan bekerja pada saat yang sama ternyata tidak cukup bagi saya. Jadi alih-alih memilih untuk melakukan proyek profesional dan menyelesaikan gelar saya, saya memutuskan untuk melakukan proyek penelitian.

Jika Anda harus tahu, saya benar-benar tidak tahu bagaimana melakukan proyek penelitian atau bagaimana menulis tesis . Jadi saya pergi ke profesor saya dan memberi tahu dia tentang rencana saya untuk menyelesaikan proyek penelitian untuk semester akhir saya. “Jika siswa membayangkan menyelesaikan proyek penelitian dalam tiga bulan, saya meminta mereka untuk datang dan menemui saya. Dan mereka kemudian tidak membayangkannya, ”jawab profesor saya.
Cara melakukan Proyek Penelitian

Saya kemudian diberi izin khusus untuk mengambil dua semester untuk menyelesaikan proyek penelitian ini - dan mudah-mudahan dalam waktu beberapa minggu saya akan mengirimkan bagian penelitian pertama saya yang sudah selesai. Dalam beberapa bulan terakhir saya telah belajar banyak pelajaran yang ingin saya bagikan, jika Anda juga memutuskan untuk mengikuti rute ini tanpa pengetahuan sebelumnya tentang cara melakukan proyek penelitian!

Temukan Supervisor yang Tepat

Profesor saya meminta anggota fakultas untuk menjadi penyelia saya. Saya melayang ide tentang bidang apa yang saya tertarik kerjakan, dan dia setuju untuk mengawasi saya. Dalam hal penyelia saya tidak bisa meminta sesuatu yang lebih baik. Dia sabar dengan saya, dia tahu kekurangan saya dan dia selalu memotivasi saya bahkan jika saya tidak dapat melihat diri saya maju. Memiliki pengawas seperti itu membuat perjalanan ini sangat nyaman dan mudah.

Jangan Malu, tanyakan!

Saya katakan sebelumnya bahwa saya tidak memiliki petunjuk tentang cara melakukan proyek penelitian. Itu kenyataan saya dan saya tidak berusaha menyembunyikannya. Saya mengomunikasikan kelemahan saya secara terbuka kepada penyelia saya dan memperingatkan dia sebelumnya bahwa saya akan mengajukan pertanyaan bodoh sepanjang durasi proyek saya hanya supaya saya bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang saya lakukan. "Tidak ada pertanyaan yang bodoh," dia meyakinkan saya. Penghargaan itu memang jatuh kepadanya, tetapi pada akhirnya Anda bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan penyelia Anda dan mengajukan pertanyaan sebanyak yang Anda perlukan.

Pilih Topik yang Tepat

Topik Anda akan menentukan proyek Anda. Itu harus menarik dan itu harus menjadi sesuatu yang benar-benar ingin Anda selidiki. Jadi jangan pernah mengandalkan saran orang lain tentang apa yang seharusnya menjadi topik penelitian Anda. Cobalah membaca dan banyak berpikir dan Anda akan menemukan bidang yang menarik. Jelajahi diri batin Anda, bahkan jika itu membutuhkan waktu. Dalam beberapa minggu Anda akan mulai mengumpulkan pikiran Anda dan menyadari apa yang sebenarnya Anda minati.

Buat Rencana Anda yang Realistis

Topik Anda bisa menjadi yang terbaik di bidangnya, tetapi apakah Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk menyelesaikan proyek? Misalkan proyek riset Anda melibatkan perjalanan keliling dunia untuk melakukan investigasi lapangan. Pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah: dapatkah saya membayar waktu dan uang sebanyak itu? Jika tidak, maka betapapun cemerlang ide Anda, Anda harus memikirkan hal lain. Simpan yang ini ketika Anda menerima dana penelitian yang sehat.

Mempersiapkan Jadwal Proyek

Memiliki garis waktu proyek adalah segalanya. Itu membuat Anda di jalur sepanjang waktu. Anda harus memiliki garis waktu yang ditetapkan pada minggu pertama, yang menyatakan target yang harus Anda capai sepanjang durasi proyek penelitian Anda. Hal-hal bisa salah di sana-sini, dan Anda selalu dapat menyesuaikan tanggal, tetapi sangat penting untuk memiliki jadwal, idealnya dipecah lebih lanjut menjadi target mingguan. Tanyakan kepada penyelia Anda tentang target apa yang harus Anda tetapkan dan cobalah untuk mencapainya setiap minggu. Melakukan ini akan membantu Anda menghindari kewalahan.

Menulis, menulis, dan menulis

Jika Anda tidak yakin cara menulis tesis, saran terbaik yang bisa saya berikan adalah jangan meninggalkan tahap penulisan sampai akhir. Mulai menulis sejak hari pertama. Ini adalah sesuatu yang saya pelajari dengan cara yang sulit. Atasan saya selalu menyarankan untuk menulis, tetapi saya tidak merasa nyaman melakukan itu kecuali saya memiliki semua informasi di tangan. Namun, saya telah belajar betapa pentingnya menulis apa pun yang Anda lakukan, dan membuat catatan apa pun yang Anda baca. Mendokumentasikan seluruh proses sambil berjalan akan membantu Anda menyelesaikan proyek dengan cara yang sangat efektif. Jadi jangan khawatir tentang menulis hal-hal yang “salah” atau yang tidak masuk akal. Ingat, itu hanya masuk akal setelah seluruh proyek selesai. Jadi, bahkan jika itu tampak mentah, teruslah menulis dan dapatkan umpan balik teratur dari penyelia Anda.

Ini adalah beberapa aturan umum yang berlaku untuk setiap proyek penelitian. Anda pasti harus mengubah beberapa hal di sana-sini tergantung pada bidang minat dan topik Anda. Semoga beruntung untuk ini. Dan jika Anda perlu berbicara dengan saya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Akhirnya, ingatlah bahwa kegigihan adalah kuncinya. Anda mungkin merasa ingin menyerah ketika segala sesuatunya melenceng, tetapi tetap bertahan dan Anda tidak hanya akan muncul dengan proyek yang telah selesai, Anda juga akan mendapatkan banyak keterampilan yang sangat berharga di sepanjang jalan.
Disqus Comments